Bandung, 29 Oktober 2025 — Sebanyak 27 guru dari Kabupaten Waropen, Provinsi Papua, mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi bertema “Strategi Implementasi Pembelajaran Mendalam serta Koding dan Kecerdasan Artifisial (KKA)” yang diselenggarakan di Balai Besar Guru dan Tenaga Kependidikan (BBGTK) Jawa Barat.
Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala BBGTK Jawa Barat, yang dalam sambutannya menegaskan pentingnya peran guru dalam menghadapi transformasi pendidikan berbasis teknologi di era digital saat ini.
“Guru adalah kunci utama keberhasilan inovasi pendidikan. Penguasaan teknologi, terutama AI dan koding, menjadi bagian penting agar pembelajaran lebih adaptif dan relevan dengan kebutuhan zaman,” ujar Kepala BBGTK Jabar.
Selama kegiatan berlangsung, para peserta mengikuti sesi pembelajaran interaktif bersama widyaiswara BBGTK Jabar. Materi yang diberikan mencakup konsep pembelajaran mendalam (deep learning), penerapan koding dasar dalam konteks pembelajaran, serta pemanfaatan kecerdasan artifisial (AI) untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar.
Selain itu, pelatihan ini juga mendorong guru untuk berinovasi dalam metode pengajaran, membangun keterampilan berpikir kritis dan kreatif, serta menciptakan pembelajaran bermakna bagi peserta didik.
Melalui kegiatan ini, BBGTK Jawa Barat berharap para guru peserta dapat menjadi agen perubahan di daerah masing-masing dengan membawa semangat pembaruan dan penguatan literasi digital di lingkungan sekolah.
“Kami ingin guru-guru Waropen menjadi inspirasi bagi rekan sejawat lainnya, bahwa pembelajaran berbasis teknologi bisa dilakukan di mana saja, dengan semangat dan kemauan untuk terus belajar,” tambah salah satu widyaiswara.
Kegiatan peningkatan kompetensi ini merupakan bagian dari program penguatan kapasitas guru di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) yang digagas oleh BBGTK Jawa Barat sebagai wujud komitmen dalam pemerataan mutu pendidikan nasional.
Sebanyak 27 guru dari Kabupaten Waropen mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi bertema “Strategi Implementasi Pembelajaran Mendalam serta Koding dan Kecerdasan Artifisial (KKA)” di BBGTK Jawa Barat.
Kegiatan ini dibuka oleh Kepala BBGTK Jawa Barat, menekankan pentingnya peran guru dalam menghadapi transformasi pembelajaran berbasis teknologi.
Melalui sesi pembelajaran bersama widyaiswara BBGTK Jabar, peserta mendalami konsep pembelajaran mendalam (deep learning) dan penerapan teknologi AI dalam pembelajaran. Diharapkan kegiatan ini mampu mendorong guru untuk terus berinovasi dan menciptakan pembelajaran yang adaptif, kreatif, dan bermakna.
































