Profil pelajar Pancasila dirancang untuk menjawab satu pertanyaan besar, yakni peserta didik dengan profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia.
Dalam konteks tersebut, profil pelajar Pancasila memiliki rumusan kompetensi yang melengkapi fokus di dalam pencapaian Standar Kompetensi Lulusan di setiap jenjang satuan pendidikan dalam hal penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Pembagian Peran dan Tanggung Jawab dalam Pengelolaan Projek Profil Satuan Pendidikan
Profil Pelajar Pancasila dirancang untuk menjawab satu pertanyaan besar, yakni peserta didik dengan profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan indonesia. Dalam Konteks tersebut , profil pelajar pancasila memiliki rumusan kompetensi yang melangkapi fokus di dalam pencapaian standar kompetensi lulusan di setiap jenjang satuan pendidikan dalam pencapaian standar kompetensi lulusan di setiap jenjang satuan pendidikan dalam hal penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila.
- menyiapkan sistem dari perencaaan hingga evaluasi dan refleksi projek profil di skala satuan pendidikan, termasuk sistem pendokumentasian projek profil. Sistem ini juga dapat digunakan sebagai portofolio satuan pendidikan.
- Membuka pintu kolaborasi dengan narasumber untuk memperkaya materi projek profil, masyarakat,komunitas,akademisi,praktisi. Satuan pendidikan dapat mengindentifikasi orang tua yang potensial sebagai narasumber dari daftar pekerjaan orang tua atau anrasumber ahli di lingkungan sekitar satuan pendidikan. Membka pintu kolaborasi dengan narasumber untuk memperkaya materi projek profil, masyarakat, komuniatas, akademisi,prkatisi. Satuan pendidikan dapat mengidentifikasi orang tua yang potensial sebagai narasumber dari daftar pekerjaan orang tua atau anrasumber ahli di lingkungan sekekitar satuan pendidikan.
- Mengomunikasikan projek penguatan profil pelajar pancasila kepada lingkungan satuan pendidikan,orang tua peserta didik dan mira (nara sumber dan organisasi terkait).
- Memastikan beban kerja pendidik tetap dipertahankan(tidak dikurangi) sesuai arahan alokasi waktu rojek profil yang sudah diatur oleh pemerintah. Adapun pada pendidikan kesetaraan, alokasi waktu projek profil dilaksanakan pada mata program pemberdayaan dan / keterampilan
- melibatkan pendidik, bimbingan dan konseling atau mentor untuk memfasilitasi proses berjalannya projek profil dengan memberikan dukungan baik dalam bidang akademis maupun kebutuhan emosisonal peserta didik.
- menyediakan kebutuhan sumber daya serta dana yang diperlukan untuk kelangsungan projek profil