Apa yang dapat kita lakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid-murid kita? Apa saja yang perlu dipertimbangkan? Tentunya hal ini harus dipahami untuk mempermudah metode ajar yang nantinya akan dilakukan.
Pasalnya, melakukan identifikasi terhadap kebutuhan belajar siswa didik sangatlah penting bagi guru maupun tenaga pengajar, sehingga proses transfer ilmu dapat berjalan dengan baik dan dapat lebih mudah untuk diterima murid.
Dengan mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa, maka guru dapat lebih mudah dalam menentukan metode ajar yang akan dilakukan. Oleh sebab itu, alangkah baiknya para pendidik memperhatikan cara apa yang perlu dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid sebelum proses pembelajaran.
Bagaimana mengidentifikasi kebutuhan belajar murid?
- mengamati perilaku murid
- mengidentifikasi pengetahuan awal
- menggunakan berbagai bentuk asesmen formatif, termasuk juga asesmen awal
- berbicara dengan guru murid sebelumnya
- mereview dan melakukan refleksi terhadap praktik pengajaran
- membaca racpor murid dari kelas sebelumnya