Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Dinas Pendidikan Provinsi Jambi bekerja sama dengan Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Jelajah Rumah Pendidikan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan serta mengoptimalkan pemanfaatan platform Rumah Pendidikan sebagai ekosistem pembelajaran digital bagi satuan pendidikan.
Sosialisasi ini diikuti oleh pendidik, tenaga kependidikan, serta perwakilan satuan pendidikan dari berbagai jenjang di Provinsi Jambi. Melalui kegiatan tersebut, peserta diajak untuk mengenal lebih dekat fitur-fitur Rumah Pendidikan yang dirancang untuk mendukung proses belajar mengajar yang lebih inovatif, inklusif, dan berbasis teknologi.
Dalam pemaparannya, narasumber dari Pusdatin Kemendikdasmen menjelaskan bahwa Rumah Pendidikan merupakan ruang digital terpadu yang menyediakan beragam layanan pembelajaran, data pendidikan, serta sumber belajar yang dapat diakses secara mudah oleh guru, siswa, dan pemangku kepentingan pendidikan. Platform ini diharapkan mampu menjadi solusi dalam mendukung transformasi digital pendidikan di Indonesia.
Sementara itu, pihak BTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jambi menegaskan bahwa kolaborasi ini merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan literasi digital dan kompetensi TIK di kalangan pendidik. Dengan pemanfaatan Rumah Pendidikan, guru diharapkan dapat memperkaya metode pembelajaran dan meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah.
Kegiatan sosialisasi berlangsung interaktif dengan sesi diskusi dan praktik langsung menjelajahi fitur-fitur Rumah Pendidikan. Para peserta tampak antusias mengikuti setiap tahapan, sekaligus berbagi pengalaman terkait pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.
Melalui Sosialisasi Jelajah Rumah Pendidikan ini, BTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jambi bersama Pusdatin Kemendikdasmen berharap para pendidik dan satuan pendidikan dapat memanfaatkan platform digital secara optimal, sehingga mampu mendorong terciptanya pembelajaran yang lebih efektif, adaptif, dan selaras dengan kebutuhan peserta didik di era digital.








































