Dalam mengembangkan kompetensi dan karakter, pelajar perlu tahu tentang salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka yakni Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).
P5 singkatan dari Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila adalah upaya untuk mendorong tercapainya Profil pelajar pancasila dengan mneggunakan pendekatan berbasis proyek.
Isi dari proyek P5 ini adalah tujuan,langkah, media pembelajaran dan sesmen yang dibutuhkan untuk melaksanakan proyek penguatan profil pelaajr pancasila.
Tujuan P5:
-membantu guru menumbuhkan kapasitas dan membangun akrkater luhur siswa
-satuan pendidikan bisa mengembangkan modul proyek sesuai kebutuhan belaajr peserta didik, memodifikasi atau menggunakan modul proyek yang disediakan sesuai dengan karakteristik daerah, satuan pendidik dan peserta didik
-menemukan ajwaban atas banyaknya pertanyaan peserta didik dengan kompetensi seperti yang diharapkan oleh sistem pendidikan indonesia
Manfaat P5 dalam Kurikulum Merdeka:
Bagi Peserta Didik:
-memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensi sebagai warga dunia yang aktif
-berpartisipasi merencanakan pembelajaran secara aktif dan berkelanjutan
-mengembangkan keterampilan, sikap dan penegtahuan yang dibutuhkan dalam mengerjakan proyek pada periode waktu tertentu
-melatih kemampuan pemecahaan masalah dalam beragam situasi belajar
-memperlihatkan tanggung jawab dan kepedulian terhadap isu di sekitar mereka sebagai salah satu bentuk hasil belajar
-menghargai proses belaajr dan bangga dengan hasil pencapaian yang telah diupayakan
Bagi Pendidik:
-memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar pancasila
-merencanakan proses pembelajaran projek dengan tujuan akhir yang jelas
-mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan pednidik dari mata pelajaran lain
Bagi Satuan Pendidikan
-menjadikan satuan pendidikan sebuah ekosistem yang terbuka untuk partisipasi dan keterlibatan masyarakat
-menjadikan satuan pendidikan sebagai organisasi pembelajaran yang berkontribusi kepada lingkungan dan komunitas di sekitarnya
Prinsip-prinsip P5:
-Holistik
melihat sesuatu dengan menyeluruh dan utuh serta tidak parsial atau terpisah -pisah. Cara berpikir holistik berguna dana menelaah tema secara utuh dan melihat isu lebih dalam
-kontekstual
mendorong guru dan pelajar menjadikan lingkungan sekitar dan realitas kehidupan sehari-hari sebagai bahan utama pembelajaran. Pelajar diharapkan bisa mengeksplorasi berbagai hal di luar lingkup satuan pendidikan
-Berfokus pada peserta didik
berpusat pada peserta didik berkaitan dengan skema pembelajaran,diharapkan dapat mendorong pelajar jadi subjek pembelajaran,diharapkan dapat mendorong pelajar jadi subjek pemebelajaran yang aktif mengelola proses belaajrnya secara mandiri
-eksploratif
semangat membuka ruang yang lebar bagi proses inkuiri dan pengembangan diri. P5 tidak berada dalam struktur intrakurikuler yang terkait berbagai skema formal pengeturan mata pelajaran.