idsch.id
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
Tuesday, 12 January 2021
  • Beranda
  • Berita
    Taklimat Media Kemendikbud

    Taklimat Media Kemendikbud

    Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024

    Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024

    Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021

    Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021

    Asesmen Kompetensi Minimum

    Asesmen Kompetensi Minimum

    Panduan Aplikasi EDS 2020 Covid-19 Versi 2020.A

    Panduan Aplikasi EDS 2020 Covid-19 Versi 2020.A

  • Siswa
    • All
    • BSE Siswa
    • KIP Kuliah
    • Rumah Belajar
    Download BSE Buku Siswa Kelas 4 SD

    Download BSE Buku Siswa Kelas 4 SD

    Download BSE Buku Siswa Kelas 3 SD

    Download BSE Buku Siswa Kelas 3 SD

    Download BSE Buku Siswa Kelas 2 SD

    Download BSE Buku Siswa Kelas 2 SD

    Download BSE Buku Siswa Kelas 1 SD

    Download BSE Buku Siswa Kelas 1 SD

  • Orang Tua
    • All
    • Info Lomba
    • KJMU
    • KJP Plus
    • Parenting
    Festival Online Pelajar Kreatif

    Festival Online Pelajar Kreatif

    Info Penting KJP dan KJMU

    Info Penting KJP dan KJMU

    Cara Cek Status Penerimaan KJMU Terbaru

    Cara Cek Status Penerimaan KJMU Terbaru

    Cara Cek Status Penerimaan KJP Terbaru

    Cara Cek Status Penerimaan KJP Terbaru

  • Guru
    • All
    • Administrasi
    • Bahan Ajar
    • BSE Guru
    • CPNS
    • Pelatihan
    Download BSE Buku Guru Kelas 4 SD

    Download BSE Buku Guru Kelas 4 SD

    Download BSE Buku Guru Kelas 3 SD

    Download BSE Buku Guru Kelas 3 SD

    Download BSE Buku Guru Kelas 2 SD

    Download BSE Buku Guru Kelas 2 SD

    Download BSE Buku Guru Kelas 1 SD

    Download BSE Buku Guru Kelas 1 SD

  • Sekolah
    • All
    • Akreditasi
    • Dana BOS
    • Dapodik
    • Info Terkini
    • Ujian Nasional
    Panduan Pengisian Sanitasi Sekolah Dapodik versi 2021

    Panduan Pengisian Sanitasi Sekolah Dapodik versi 2021

    Panduan Aplikasi DAPODIK versi 2021

    Panduan Aplikasi DAPODIK versi 2021

    Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Tahun 2020

    Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Tahun 2020

    SK Ketua BAN-SM No. 1334 Tahun 2020

    SK Ketua BAN-SM No. 1334 Tahun 2020

  • Dikti
    • All
    • Ebook
    • Panduan
    • Pengumuman
    • SNMPTN
    Alur Registrasi dan Verifikasi Akun Siswa LTMPT

    Alur Registrasi dan Verifikasi Akun Siswa LTMPT

    Jadwal SNMPTN 2021

    Jadwal SNMPTN 2021

    Cek Kuota Sekolah SNMPTN 2021

    Cek Kuota Sekolah SNMPTN 2021

  • Tutorial
    • All
    • Media Belajar
    • Tips-trik
    Bahan Bacaan Ujian Dinas SDM Kemdikbud

    Bahan Bacaan Ujian Dinas SDM Kemdikbud

    Cara Mengurus Ijazah yang Rusak atau Hilang

    Cara Mengurus Ijazah yang Rusak atau Hilang

    Teach From Home Google : Membantu Guru Mengajar Dari Rumah

    Teach From Home Google : Membantu Guru Mengajar Dari Rumah

  • Artikel
    • All
    • Tahukah Kamu
    • Tekno
    Membantu Anak Percaya Diri

    Membantu Anak Percaya Diri

    Mendampingi Anak Siap Belajar

    Mendampingi Anak Siap Belajar

    Melatih dan Mengajari Anak Menghormati Keragaman

    Melatih dan Mengajari Anak Menghormati Keragaman

    Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini

    Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini

No Result
View All Result
Advertisement
  • Beranda
  • Berita
    Taklimat Media Kemendikbud

    Taklimat Media Kemendikbud

    Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024

    Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024

    Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021

    Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021

    Asesmen Kompetensi Minimum

    Asesmen Kompetensi Minimum

    Panduan Aplikasi EDS 2020 Covid-19 Versi 2020.A

    Panduan Aplikasi EDS 2020 Covid-19 Versi 2020.A

  • Siswa
    • All
    • BSE Siswa
    • KIP Kuliah
    • Rumah Belajar
    Download BSE Buku Siswa Kelas 4 SD

    Download BSE Buku Siswa Kelas 4 SD

    Download BSE Buku Siswa Kelas 3 SD

    Download BSE Buku Siswa Kelas 3 SD

    Download BSE Buku Siswa Kelas 2 SD

    Download BSE Buku Siswa Kelas 2 SD

    Download BSE Buku Siswa Kelas 1 SD

    Download BSE Buku Siswa Kelas 1 SD

  • Orang Tua
    • All
    • Info Lomba
    • KJMU
    • KJP Plus
    • Parenting
    Festival Online Pelajar Kreatif

    Festival Online Pelajar Kreatif

    Info Penting KJP dan KJMU

    Info Penting KJP dan KJMU

    Cara Cek Status Penerimaan KJMU Terbaru

    Cara Cek Status Penerimaan KJMU Terbaru

    Cara Cek Status Penerimaan KJP Terbaru

    Cara Cek Status Penerimaan KJP Terbaru

  • Guru
    • All
    • Administrasi
    • Bahan Ajar
    • BSE Guru
    • CPNS
    • Pelatihan
    Download BSE Buku Guru Kelas 4 SD

    Download BSE Buku Guru Kelas 4 SD

    Download BSE Buku Guru Kelas 3 SD

    Download BSE Buku Guru Kelas 3 SD

    Download BSE Buku Guru Kelas 2 SD

    Download BSE Buku Guru Kelas 2 SD

    Download BSE Buku Guru Kelas 1 SD

    Download BSE Buku Guru Kelas 1 SD

  • Sekolah
    • All
    • Akreditasi
    • Dana BOS
    • Dapodik
    • Info Terkini
    • Ujian Nasional
    Panduan Pengisian Sanitasi Sekolah Dapodik versi 2021

    Panduan Pengisian Sanitasi Sekolah Dapodik versi 2021

    Panduan Aplikasi DAPODIK versi 2021

    Panduan Aplikasi DAPODIK versi 2021

    Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Tahun 2020

    Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Tahun 2020

    SK Ketua BAN-SM No. 1334 Tahun 2020

    SK Ketua BAN-SM No. 1334 Tahun 2020

  • Dikti
    • All
    • Ebook
    • Panduan
    • Pengumuman
    • SNMPTN
    Alur Registrasi dan Verifikasi Akun Siswa LTMPT

    Alur Registrasi dan Verifikasi Akun Siswa LTMPT

    Jadwal SNMPTN 2021

    Jadwal SNMPTN 2021

    Cek Kuota Sekolah SNMPTN 2021

    Cek Kuota Sekolah SNMPTN 2021

  • Tutorial
    • All
    • Media Belajar
    • Tips-trik
    Bahan Bacaan Ujian Dinas SDM Kemdikbud

    Bahan Bacaan Ujian Dinas SDM Kemdikbud

    Cara Mengurus Ijazah yang Rusak atau Hilang

    Cara Mengurus Ijazah yang Rusak atau Hilang

    Teach From Home Google : Membantu Guru Mengajar Dari Rumah

    Teach From Home Google : Membantu Guru Mengajar Dari Rumah

  • Artikel
    • All
    • Tahukah Kamu
    • Tekno
    Membantu Anak Percaya Diri

    Membantu Anak Percaya Diri

    Mendampingi Anak Siap Belajar

    Mendampingi Anak Siap Belajar

    Melatih dan Mengajari Anak Menghormati Keragaman

    Melatih dan Mengajari Anak Menghormati Keragaman

    Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini

    Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini

No Result
View All Result
idsch.id
No Result
View All Result
Home Berita

Empat Pokok Kebijakan Merdeka Belajar

24 March 2020
in Berita
3 min read
249
0
Empat Pokok Kebijakan Merdeka Belajar
Share on WhatsappShare on FacebookShare on Twitter

Merdeka Belajar adalah program kebijakan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. Menurut Nadiem, kompetensi Guru di level apapun, tanpa ada proses penerjemahan dari kompetensi dasar dan kurikulum yang ada, maka tidak akan pernah ada pembelajaran yang terjadi.

Konsep Merdeka Belajar ala Nadiem Makarim terdorong karena keinginannya menciptakan suasana belajar yang bahagia tanpa dibebani dengan pencapaian skor atau nilai tertentu. Pokok-pokok kebijakan Kemdikbud RI tertuang dalam paparan Mendikbud RI di hadapan para kepala dinas pendidikan provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia, di Jakarta pada 11 Desember 2019 yang lalu.

Ada empat pokok kebijakan baru Kemdikbud RI, yaitu.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)

  1. Situasi saat ini
    a. Semangat UU Sisdiknas adalah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk menentukan kelulusan, namun USBN membatasi penerapan hal ini.
    b. Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang berbasis kompetensi, perlu asesmen yang lebih holistik untuk mengukur kompetensi anak.
  2. Arahan kebijakan baru
    a. Tahun 2020, USBN akan diganti dengan ujian (asesmen) yang diselenggarakan hanya oleh sekolah
    b. Ujian untuk menilai kompetensi siswa dapat dilakukan dalam bentuk tes tertulis dan/atau bentuk penilaian lain yang lebih komprehensif, seperti portofolio dan penugasan (tugas kelompok, karya tulis, dsb)
    c. Guru dan Sekolah lebih merdeka dalam menilai hasil belajar siswa.
    d. Anggaran USBN dapat dialihkan untuk mengembangkan kapasitas guru dan sekolah guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

Ujian Nasional (UN)

  1. Situasi saat ini
    a. Materi UN terlalu padat sehingga siswa dan guru cenderung menguji penguasaan konten, bukan kompetensi penalaran.
    b. UN menjadi beban bagi siswa, guru, dan orangtua karena menjadi indikator keberhasilan siswa sebagai individu.
    c. UN seharusnya berfungsi untuk pemetaan mutu sistem pendidikan nasional, bukan penilaian siswa.
    d. UN hanya menilai aspek kognitif dari hasil belajar, belum menyentuh karakter siswa secara menyeluruh.
  2. Arahan kebijakan baru
    a. Tahun 2020, UN akan dilaksanakan untuk terakhir kalinya
    b. Tahun 2021, UN akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter
    c. Literasi : Kemampuan bernalar tentang dan menggunakan bahasa.
    d. Numerasi : Kemampuan bernalar menggunakan matematika.
    e. Karakter : Misalnya pembelajar, gotong royong, kebhinekaan, dan perundungan.
    f. Dilakukan pada siswa yang berada di tengah jenjang sekolah (misalnya kelas 4, 8, 11) sehingga mendorong Guru dan Sekolah untuk memperbaiki mutu pembelajaran dan tidak bisa digunakan untuk basis seleksi siswa ke jenjang selanjutnya.
    g. Mengacu pada praktik baik pada level internasional seperti PISA dan TIMSS

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

  1. Situasi saat ini
    a. Format : Guru diarahkan untuk mengikuti format RPP secara kaku
    b. Komponen : RPP memiliki terlalu banyak komponen – Guru diminta untuk menulis dengan sangat rinci (satu dokumen RPP bisa mencapai lebih dari 20 halaman)
    c. Durasi Penulisan : Penulisan RPP menghabiskan banyak waktu guru, yang seharusnya bisa digunakan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri
  2. Arahan kebijakan baru
    a. Guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP
    b. 3 Komponen Inti (komponen lainnya bersifat pelengkap dan dapat dipilih secara mandiri) : Tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, asesmen.
    c. RPP cukup dibuat 1 halaman
    d. Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi

  1. Situasi saat ini
    Tujuan peraturan PPDB zonasi:
    a. Memberikan akses pendidikan berkualitas
    b. Mewujudkan Tripusat Pendidikan (sekolah, keluarga, masyarakat) dengan bersekolah di lingkungan tempat tinggal
    Pembagian Zonasi
    a. Jalur Zonasi: minimal 80%
    b. Jalur Prestasi: maksimal 15%
    c. Jalur Perpindahan: maksimal 5%
    Implementasi
    a. Peraturan terkait PPDB kurang mengakomodir perbedaan situasi daerah
    b. Belum terimplementasi dengan lancar di semua daerah
    c. Belum disertai dengan pemerataan jumlah guru
  2. Arahan kebijakan baru
    a. Membuat kebijakan PPDB lebih fleksibel untuk mengakomodasi ketimpangan akses dan kualitas di berbagai daerah.
    b. Pembagian zonasi : jalur zonasi minimal 50%, jalur afirmasi minimal 15%, jalur perpindahan maksimal 5%, jalur prestasi sisanya 0-30%, disesuaikan dengan kondisi daerah)
    c. Daerah berwenang menentukan proporsi final dan menetapkan wilayah zonasi
    d. Pemerataan akses dan kualitas pendidikan perlu diiringi dengan inisiatif lainnya oleh pemerintah daerah, seperti redistribusi guru ke sekolah yang kekurangan guru
Tags: kemdikbudmerdeka belajarnadiem makarim
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Cara Cek Status Penerimaan KJP Terbaru

Cara Cek Status Penerimaan KJP Terbaru

6 January 2021
Verifikasi Nomor HP KJP dan KJMU

Verifikasi Nomor HP KJP dan KJMU

7 April 2020
Penggunaan Dana KJP Plus

Penggunaan Dana KJP Plus

7 April 2020
Surat Edaran Progres Pengumpulan Data EDS Tahun 2020

Surat Edaran Progres Pengumpulan Data EDS Tahun 2020

1
Panduan Aplikasi EDS 2020 Covid-19 Versi 2020.A

Panduan Aplikasi EDS 2020 Covid-19 Versi 2020.A

1
idsch.id - Sekolah Terapkan Protokol Penanganan COVID-19, Hari Pertama UNBK SMK/MAK Berjalan Lancar

Sekolah Terapkan Protokol Penanganan COVID-19, Hari Pertama UNBK SMK/MAK Berjalan Lancar

0
Download BSE Buku Siswa Kelas 4 SD

Download BSE Buku Siswa Kelas 4 SD

11 January 2021
Download BSE Buku Guru Kelas 4 SD

Download BSE Buku Guru Kelas 4 SD

11 January 2021
Download BSE Buku Siswa Kelas 3 SD

Download BSE Buku Siswa Kelas 3 SD

11 January 2021
idsch.id

Copyright © 2020 idsch.id.

Navigasi Situs

  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact

Ikuti Kami

No Result
View All Result
  • Home
  • Siswa
    • Rumah Belajar
    • Ujian Nasional
    • Bank Soal
    • Beasiswa
  • Sekolah
    • Dana BOS
    • PPDB
    • Dapodik
    • Direktori
  • Orang Tua
    • Parenting
    • Info Lomba
  • Guru
    • Administrasi
    • Sertifikasi
    • Bahan Ajar
    • Lowongan

Copyright © 2020 idsch.id.

Login to your account below

Forgotten Password?

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In