Ada banyak menfaat yang diperoleh dari proses belajar menyenangkan. Mulai dari materi pembelajaran yang mudah diterima hingga keinginan untuk belajar lebih lama. Pembelajaran yang menyenangkan ini dapat dilakukan dengan meningkatkan dopamin,endorfin dan oksigen di otak.
Sean Slade ,produser rekaman sekaligus insinyur asal Amerika, mengatakan dalam The Answer Sheet Washington Post, bahwa kesenangan tidak hanya bermanfaat untuk belajar tetapi, menurut banyak laporan, diperlukan untuk pembelajaran otentik dan memori jangka panjang memori jangka panjang.
Tips mengajar yang menyenangkan dan tidak membosankan:
- Temukan Hal Baru Bersama . Belajar hal abru bersama-sama dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Dalam hal ini,guru tidak hanya memberikan informasi kepada siswa melainkan mengajak siswa untuk menentukan informasi secara bersama-sama
- Buat siswa Penasaran. Belajar yang paling menyenangkan adalah ketika mendapati sesuatu yang mengejutkan dan membuat siswa penasaran. Dalam memberikan materi pembelajaran, guru dapat menyoroti hal-hal yang tampak aneh, unik dan tidak biasa. Mulailah dengan membuat siswa pemasaran. Ajukan pertanyaan dan biarkan siswa bekerja untuk memcahkan pertanyaan tersebut.
- Tunjukan Kepedulian terhadap Siswa. Sesekali bertindak konyol juga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Sebuah penelitian menunjukan bahwa membuat mereka tertawa dan merasa senang merupakan salah satu bentuk kepedulian.
- Lihatkan Siswa dalam Proyek. Melibatkan siswa dalam lokakarya juga diketahui dapat membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan. Siswa akan benar-benar berpartisipasi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru.
- Hindari Kebiasaan Monoton. Menghabiskan jam pelajaran yang sama percis dengan cara yang sama setiap hari adalah hal yang perlu dihindari. Walaupun guru mengajarkan materi yang sama untuk siswa yang berbeda, namun, kebiasaan monoton akan tampak membosankan bagi siswa. Coba hal baru untuk menciptakan metode baru.
- Review tapi Jangan Ulangi Materi. Dalam kegiatan belajar mengajar penting untuk meninjau ulang materi yang telah disampaikan secara teratur. Luangkan satu atau dua jam setiap minggu untuk meninjau materi yang telah diajarkan dalam minggu terakhir.
- Ganti Pembelajaran dengan Percakapan. Sesekali libatkan siswa dalam percakapan santai dan posisikan mereka layaknya teman. Dalam hal ini baik guru maupun siswa dapat saling bertukar ide atau gagasan, sehingga guru tidak hanya memberikan tanggapan tetapi juga menerima tanggapan.
- Cobalah untuk Menjadi Siswa. Cobalah untuk duduk bersama siswa lainnya dan beri kesempatan kepada siwa untuk menggantikan posisi sebagai guru. Luangkan waktu seminggu untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh siswa dan biarkan siswa menilainya.
- Jangan Beranggapan Terlalu Serius. Banyak guru yang tidak menyadari bahwa mata pelajaran yang diampunya bukanlah satu-satunya mata pelajaran yang diambil oleh siswa. Padahal siswa harus menyeimbangkan tugas dan materi dari beberapa mata pelajaran dalam satu waktu. Untuk itu, cobalah untuk memahami siswa dan berilah waktu kepada siswa untuk memahami materi pelajaran yang lain.
- Tertawakan Lelucon Siswa. Hal lain yang dapt dilakukan untuk menciptakan suasan belajar yang menyenangkan adalah terlibat dalam lelucon yang dilontarkan oleh siswa. Dalam hal ini guru dapat tertawa apabila mendengar lelucon siswa. Hal tersebut diketahui menjadi cara terbaik untuk memastikan guru dan siswa berada dalam suasana hati yang menyenangkan.
Tips diatas dilansir dari Open Colleges Australia.