Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan kegiatan pembinaan bagi Penilik, Pengawas Taman Kanak-kanak (TK), Pengawas Sekolah Dasar (SD), dan Pengawas Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Rapat Sasana Kridawiyata pada Jumat, 19 Desember.
Kegiatan pembinaan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul, Agus Subariyanta, S.T. Dalam sambutannya, Agus Subariyanta menyampaikan bahwa peran penilik dan pengawas pendidikan memiliki posisi strategis dalam menjaga dan meningkatkan mutu layanan pendidikan di Kabupaten Gunungkidul.
Ia menekankan pentingnya penguatan fungsi pengawasan yang tidak hanya bersifat administratif, tetapi juga pembinaan dan pendampingan terhadap satuan pendidikan. Menurutnya, penilik dan pengawas diharapkan mampu menjadi mitra bagi pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta tata kelola sekolah.
“Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh peran pengawasan yang efektif dan berkelanjutan. Oleh karena itu, penilik dan pengawas harus terus meningkatkan kompetensi, profesionalisme, serta integritas dalam menjalankan tugas,” ujarnya.
Melalui kegiatan pembinaan ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul berharap dapat menyamakan persepsi, memperkuat koordinasi, serta meningkatkan kapasitas penilik dan pengawas dalam melaksanakan tugas pengawasan di lapangan. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi sarana evaluasi dan refleksi terhadap pelaksanaan program pendidikan yang telah berjalan.
Pembinaan ini diikuti oleh seluruh penilik dan pengawas pendidikan di Kabupaten Gunungkidul dengan materi yang difokuskan pada penguatan peran, peningkatan mutu pendidikan, serta strategi pengawasan yang adaptif terhadap dinamika kebijakan pendidikan nasional dan kebutuhan daerah.
Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang pendidikan guna mewujudkan layanan pendidikan yang bermutu, merata, dan berkelanjutan.
































