5 Prinsip Asesmen
1.Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran,fasilitas yang holistik, sebagai umpan baik untuk pendidik,peserta didik dan orang tua/wali agar dapat memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.
2.Asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut. Dengan keleluasaan untuk mennetukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran.
3.Asesmen dirancang secara adil,proporsional, valid dan dapat dipercaya untuk menjelaskan kemajuan belajar, menentukan keputusan tentang langkah dan sebagai dasar untuk menyusun program pembelajaranyang sesuai selanjutnya.
4.Laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif, memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut.
5.Hasil asesmen digunakan peserta didik,pendidik, tenaga kependidikan dan orang tua/wali sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran.