Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun dalam satu halaman yang terdiri dari 3 komponen utama yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen. RPP satu halaman bertujuan untuk memberikan guru kebebasan berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya guru dapat menyesuaikan RPP dengan kondisi kelas dan peserta didik.
Tujuan pembelajaran diturunkan dari kompetensi dasar dan diuraikan menjadi kompetensi-kompetensi yang akan dicapai peserta didik. Kegiatan pembelajaran diisi dengan aktivitas-aktivitas sesuai sintaks model pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Kegiatan pembelajaran perlu dilengkapi dengan dokumen pendukung, contohnya pada kegiatan percobaan perlu dilengkapi dengan langkah-langkah percobaan.
Langkah-langkah percobaan tersebut dapat dituliskan dalam buku panduan praktikum. Asesmen yang dilakukan meliputi 3 aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Praktiknya, proses asesmen membutuhkan rubrik penilaian yang disusun oleh masing-masing guru sesuai dengan pembelajaran yang telah dilakukannya.
Satu kegiatan dapat mencakup tiga aspek penilaian sekaligus. Contohnya, saat peserta didik melakukan percobaan guru dapat menilai pengetahuan, keterampilan dan sikap dari peserta didik tersebut. Setelah melaksanakan proses pembelajaran, guru harus melakukan refleksi terhadap dirinya sendiri sebagai salah satu bentuk asesmen formatif. Hasil refleksi tersebut digunakan sebagai masukan untuk pelaksanaan pembelajaran berikutnya.
Berikut merupakan Contoh RPP SMA 1 Lembar.