Identifikasi awal kesiapan satuan pendidikan dalam menjalankan projek penguatan profil pelajar Pancasila didasarkan pada kemampuan satuan pendidikan dalam menerapkan pembelajaran berbasis projek (project based learning).
Pembelajaran berbasis projek adalah pendekatan kelas yang dinamis di mana peserta didik secara aktif mengeksplorasi masalah dan tantangan dunia nyata untuk memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam (Edutopia).
Pembelajaran berbasis projek bukan hanya kegiatan membuat produk atau karya, namun kegiatan yang mendasarkan seluruh rangkaian aktivitasnya pada sebuah persoalan yang kontekstual.
Oleh karenanya, pembelajaran berbasis projek biasanya mencakup beragam aktivitas yang tidak bisa dilakukan dalam jangka waktu yang pendek.
Identifikasi Tahapan Kesiapan Satuan Pendidikan dalam Mnejalankan P5
Tahap Awal
– satuan pendidikan belum memiliki sistem dalam mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran berbasis projek
– konsep pembelajaran berbasis projek baru diketahui pendidik
– satuan pendidikan menjalankan projek secara internal (tidak melibatkan pihak luar)
Tahap Berkembang
– satuan pendidikan belum memiliki sistem dalam mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran berbasis projek
– konsep pembelajaran berbasis projek baru diketahui pendidik
– satuan pendidikan menjalankan projek secara internal (tidak melibatkan pihak luar)
Tahap Lanjutan
– Pembelajaran berbasis projek sudah menjadi kebiasaan satuan pendidikan
– konsep pembelajaran berbasis projek sudah dipahami semua pendidik
– satuan pendidikan sudah menjalin kerja sama dengan pihak mitra di luar satuan pendidikan agar dampak projek dapat diperluas secara berkelanjutan