Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.
Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.
Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler.
Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Dalam 1 tahun ajaran, peserta didik mengikuti projek penguatan profil pelajar pancasila yang dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:
- 1 sampai dengan 2 projek dengan tema berbeda di PAUD
- 2 sampai dengan 3 projek dengan tema berbeda di SD/MI/SDLB/Paket
- 3 sampai dengan 4 projek dengan tema berbeda di SMP/MTs/SMPLB/MA/SMALB/Paket C kelas X/bentuk lain yang sederajat
- 2 sampai dengan 3 projek dengan tema berbeda di kelas XI dan XII SMA/MA/SMALB/Paket C/bentuk lain yang sederajat
- 3 sampai dengan 2 tema pilihan dan 1 tema Kebekerjaan di kelas X, 2 projek dengan 1 tema pilhan dan 1 tema kebekerjaan di kelas XII SMK/MAK, kelas projek penguatan profil pelajar pancasila untuk SMK/MAK, projek pebguatan profil pelajar pancasila dapat dilaksanakan dengan komunitas/organisasi serta masyarakat