Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar suatu lingkungan belajar.
Prinsip pembelajaran sebagai berikut :
- Pembelajaran dirancang dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian peserta didik saat ini, sesuai dengan kebutuhan belajar, serta mencerminkan karakteristik dan perkembangan peserta didik yang beragam sehhingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan,
- Pembelajaran dirancang dan dilaksanakan unutk membangun kapasitas untuk mnejadi pembelajar sepanjang hayat.
- Proses pembelajaran mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara holistik
- Pembelajaran yang relevan yaitu pembelajaran yang dirancang sesuai konteks, lingkungan dan budaya peserta didik, serta melibatkan orang tua dan komunitas sebagai mitra
- Pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan
Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar yang sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.