Awal tahun 2022/2023 para guru harus mempersiapkan Implementasi Kurikulum Merdeka ada beberapa persiapan, apa saja ?
- Perangkat Ajar
- Melakukan Analisis terhadap Capaian Pembelajaran
- Guru merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP)
- Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran
- Mempersiapkan Asesmen Diagnostik
- Menyusun Modul Ajar
- Menyusun Bahan Ajar
Cara membuat membuat dokumen tersebut yang harus memiliki Capaian Pembelajaran dari Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.
Melakukan Analisis Capaian Pembelajaran, berikut contoh format :
CP | KOMPETENSI | KONTEN | DIMENSI P3 | TUJUAN PEMBELAJARAN | WAKTU |
Istilah CP diambil dari : Kepala BSKA Kemandibudristek 008/H/KR/2002 | Proses kognitif (mengingat, memahami,mengaplikasi, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta) | Isikan materi dan ruang lingkup materi | Beriman, berkebinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis dan mandiri | Sesuai dengan kompetensi dan konten pada CP | Diisi setelah dirumuskan TP |
Dimensi pengetahuan (faktual-konseptual-prosedural-metakognitif) | Elemen dari dimensi tersebut | ||||
4C kritis,kreatif,komunikatif dan kolaborasi |
Format ini tidak terikat dan bisa dikembangkan
- Pembelajaran paradigma baru
- Asesmen
2. Rumuskan Tujuan Pembelajaran
- KOMPETENSI
Gunakan KKO
- KONTEN
Perhatikan tingkatan materi
- VARIASI
Sertakan 4 C
Contoh : menyajikan solusi untuk menangani perubahan kondisi dalam permukaan bumi (ruang lingkup) akibat faktor manusia
Contoh siswa akan berpikir kritis, contoh salah satu perumusan tujuan pembelajaran.
3. Sususn Alur Pembelajaran (ATP)
Alur pembelajaran (AP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari kehari untuk mengukur CP.
Alur ini disusun secara linear.
4. Mempersiapkan Asesmen Diagnostik
5. Menyusun modul Ajar
- Identitas sekolah
- Kompetensi awal
- Profil pelajar pancasila
- Sarana dan prasarana
- Target peserta didik
- Model yang digunakan
- Tujuan pembelajaran
- Pemahaman bermakna
- Pertanyaan pemantik
- Kegiatan pembelajaran
- Asesmen
- Pengayaan dan remedial
- Refleksi peserta didik dan guru
- Lembar kerja peserta didik
- Bahan bacaan guru dan peserta didik
- glosarium
Sistematika ini boleh dikurangi atau ditambah, namun disarankan bagian kegiatan inti dipertahankan agar memudahkan guru menerapkan prinsip pembelajaran dan menyusun asesmen.
Selamat mengajar Bapak dan Ibu guru di tahun Ajaran 2022/2023.