
1. Pembukaan
Kegiatan pembukaan berfungsi untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menyiapkan anak agar fokus mengikuti kegiatan.
Isi kegiatannya meliputi:
- Doa bersama β mengawali hari dengan rasa syukur.
- Salam dan absensi β melatih kedisiplinan serta mengenal kehadiran teman.
- Ice breaking / lagu penyemangat β menciptakan suasana ceria dan semangat belajar.
π 2. Kegiatan Inti
Bagian ini merupakan inti dari proses pembelajaran di PAUD/TK, dengan prinsip belajar sambil bermain.
Isi kegiatannya:
- Belajar sambil bermain β anak belajar konsep dasar melalui aktivitas menyenangkan.
- Kegiatan motorik halus dan kasar β melatih koordinasi tubuh dan keterampilan tangan.
- Eksperimen sederhana / sains anak β mengenalkan anak pada rasa ingin tahu dan observasi.
- Kegiatan seni dan kreativitas β menggambar, menempel, bernyanyi, menari, dan sebagainya.
- Kegiatan bahasa β melatih kemampuan berkomunikasi, mendengarkan, dan bercerita.
π’ 3. Istirahat
Waktu untuk relaksasi dan bersosialisasi dengan teman.
Kegiatannya mencakup:
- Makan bersama β menumbuhkan kebiasaan makan sehat dan mandiri.
- Cuci tangan & toilet training β membentuk kebiasaan hidup bersih dan mandiri.
- Bermain bebas di luar β memberi kesempatan anak bereksplorasi dan bersosialisasi.
π΅ 4. Penutup
Kegiatan ini dilakukan untuk menutup hari belajar dengan suasana positif.
Isinya:
- Refleksi singkat / tanya jawab β mengulas apa yang telah dipelajari hari itu.
- Menyanyikan lagu penutup β menciptakan momen perpisahan yang hangat.
- Doa pulang β menumbuhkan rasa syukur dan kebiasaan spiritual.
Selain itu, gambar juga menambahkan dua bagian penting lainnya yaitu:
β Kegiatan Pendukung
Seperti pembiasaan doa, sopan santun, belajar tematik, kegiatan praktik langsung, serta membiasakan anak merapikan mainan sendiri.
π£ Kegiatan Evaluasi
Guru mengamati perkembangan anak, memberikan apresiasi, dan menyampaikan catatan perkembangan kepada orang tua.
π§© Kesimpulan:
Pembelajaran di PAUD/TK bukan hanya belajar akademik, tetapi proses menyenangkan yang menumbuhkan karakter, kemandirian, dan kreativitas anak melalui kegiatan bermain yang bermakna.






































