Kementerian Pendidikan Menengah dan Pendidikan Dasar melalui Direktorat Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus bekerja sama dengan LPDP dan Flinders University Academy menyelenggarakan program microcredential untuk penguatan pembelajaran literasi dan numerasi bagi guru.
Dalam program ini, guru tidak hanya belajar konsep dan strategi pengajaran, tetapi juga diminta menulis refleksi tertulis (reflective writing) tentang pengalaman mereka saat mencoba strategi literasi dan numerasi di kelas. Refleksi ini berisi gambaran singkat kegiatan di kelas, analisis apa yang berhasil dan belum, serta kaitannya dengan teori yang dipelajari dalam modul.
Melalui pendekatan reflektif tersebut, guru diharapkan tidak hanya “mencoba metode baru”, tetapi benar-benar memahami mengapa suatu strategi cocok atau tidak di konteks murid mereka, lalu menyusun langkah perbaikan yang lebih tepat pada pembelajaran berikutnya.
Dampaknya, program micro credential ini bukan hanya menambah pengetahuan teknis guru tentang literasi dan numerasi, tetapi juga membentuk kebiasaan guru untuk terus mengevaluasi, memperbaiki, dan mengembangkan praktik mengajar secara berkelanjutan di sekolah masing-masing.








































