Penerapan Kurikulum Merdeka merupakan proses belajar. Oleh karena itu, satuan pendidikan dan pendidik perlu berefleksi tentang kesiapan masing-masing untuk menentukan pada tahap mana perubahan akan diterapkan, termasuk dalam pembuatan alur tujuan pembelajarannya.
Nah, kira-kira di tahap manakah kesiapan kita dalam mengembangkan alur tujuan pembelajaran?
Jangan khawatir, memulai untuk implementasi pada tahap awal bukanlah suatu kelemahan karena yang paling penting adalah semangat dan kegigihan kita untuk terus belajar dan berkembang!
Yuk, kita lihat tahapan perancangan alur tujuan pembelajaran berikut ini sebagai bahan pertimbangan bagaimana kita akan merancang tujuan pembelajaran yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik.
Tahap Awal
Menggunakan contoh “alur tujuan pembelajaran” yang disediakan oleh Kemendikbudristek melalui Platform Merdeka Mengajar
Tapan Berkembang
Melakukan penyesuaian terhadap alur tujuan pembelajaran yang disediakan oleh Kemendikbudristek berdasarkan kebutuhan peserta didik, dalam hal ini tujuan-tujuan pembelajaran yang lebih didekatkan dengan konteks lokal satuan pendidikan.
Tahap Siap
Melakukan perombakan terhadap alur tujuan pembelajaran yang disediakan kemendikbudristek berdasarkan kebutuhan peserta didik engan mengubah urutan tujuan pemeblajaran menyesuaikan dengan konteks lokal, serta penyesuaian lainnya.
Tahap Mahir
Mengembangkan ” alur tujuan pembelajaran” secara mandiri dengan merujuk pada capaian pembelajaran. Koordinator kurikulum atau wakil kepala sekolah bidang kurikulum di satuan pendidikan memimpin proses perancangan,memonitor implementasi dan memimpin proses pengembangan dan evaluasi alur tujuan pembelajaran sehingga pengembangan alur tujuan pembelajran menjadi bagian dari sistem perencanaan dan evaluari kurikulum satuan pendidikan.